Penerapan Teknologi IWEB-AR: Imersif Website Berbasis Augmented Reality (AR) dalam Media Untuk Pencegahan Dan Penanganan Anemia Gizi Besi (AGB) Pada Remaja Putri
Keywords:
Anemia Gizi Besi, Augmented Reality, IWEB-AR, Edukasi Kesehatan, Remaja Putri, Teknologi Imersif, Pencegahan AnemiaAbstract
Anemia gizi besi (AGB) merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada remaja putri, terutama di negara berkembang. Penanganan dan pencegahan AGB memerlukan media edukasi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya asupan gizi seimbang dan suplementasi zat besi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi IWEB-AR, yaitu website imersif berbasis Augmented Reality (AR), sebagai media inovatif dalam edukasi pencegahan dan penanganan AGB pada remaja putri. Teknologi AR memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan melalui visualisasi 3D, yang dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan. Pengembangan media IWEB-AR melibatkan tahap perancangan konten edukasi yang terintegrasi dengan elemen AR, seperti animasi interaktif tentang proses terbentuknya anemia, dampaknya terhadap tubuh, serta cara-cara pencegahan melalui asupan gizi dan suplementasi zat besi. Evaluasi terhadap efektivitas media ini dilakukan melalui uji coba kepada remaja putri di SMPN 1 Yosowilangun Kidul, Kabupaten Lumajang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan IWEB-AR sebagai media edukasi memberikan dampak positif dalam peningkatan pemahaman remaja putri mengenai AGB. Sebagian besar responden melaporkan bahwa media ini lebih menarik dan mudah dipahami dibandingkan metode edukasi konvensional. Selain itu, interaktivitas yang ditawarkan oleh teknologi AR juga meningkatkan minat belajar dan kesadaran remaja putri tentang pentingnya pencegahan AGB.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Sabran, Dian Kartika Sari, Iwan Abdi Suandana, Malinda Capri Nurul Satya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

