Model Pemasaran Produk UMKM Olahan Daun Tin Berbasis Digital

Digital-Based Marketing Model for MSMEs Processed Fig Leaves Product

Authors

  • R Alamsyah Sutantio Politeknik Negeri Jember
  • Lintang Anis Bena Kinanti Politeknik Negeri Jember
  • Dinu Saadillah
  • Fitriya Andriyani

Keywords:

strategi pemasaran, pemasaran digital, UMKM, daun tin

Abstract

Banyaknya kandungan gizi dan mineral pada daun tin yang berpengaruh baik pada tubuh menjadikan daun tin sehat untuk dikonsumsi. Sehingga cara dan bentuk penyajiannya dapat disesuaikan dengan selera konsumen. Karena itu penyajian daun tin dalam bentuk keripik menjadi salah satu alternatif yang bisa dinikmati masyarakat. Keripik daun tin yang berkhasiat ini diharapkan dapat menjadi peluang usaha jangka panjang yang mendatangkan banyak nilai positif bagi pengelola produksinya. Selain itu, produk olahan keripik daun tin juga dapat menjadi produk oleh-oleh khas suatu daerah. Beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi yaitu belum ada brand yang diciptakan untuk produk olahan keripik daun tin dan belum ada strategi pemasaran produk olahan keripik daun tin. Pelaksanaan kegiatan ini akan dilakukan dengan melibatkan mitra yaitu Jember Tin Garden. Mitra tersebut berlokasi di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Secara konkret, solusi ini dilakukan dalam bentuk perancangan brand dan business plan keripik daun tin dan analisis strategi pemasaran keripik daun tin. Dengan demikian pengolahan daun tin tersebut dapat meningkatkan nilai ekonomis tanaman tin.

Downloads

Published

2025-01-14

Conference Proceedings Volume

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.