Model Pemasaran Produk UMKM Olahan Daun Tin Berbasis Digital
Digital-Based Marketing Model for MSMEs Processed Fig Leaves Product
Keywords:
strategi pemasaran, pemasaran digital, UMKM, daun tinAbstract
Banyaknya kandungan gizi dan mineral pada daun tin yang berpengaruh baik pada tubuh menjadikan daun tin sehat untuk dikonsumsi. Sehingga cara dan bentuk penyajiannya dapat disesuaikan dengan selera konsumen. Karena itu penyajian daun tin dalam bentuk keripik menjadi salah satu alternatif yang bisa dinikmati masyarakat. Keripik daun tin yang berkhasiat ini diharapkan dapat menjadi peluang usaha jangka panjang yang mendatangkan banyak nilai positif bagi pengelola produksinya. Selain itu, produk olahan keripik daun tin juga dapat menjadi produk oleh-oleh khas suatu daerah. Beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi yaitu belum ada brand yang diciptakan untuk produk olahan keripik daun tin dan belum ada strategi pemasaran produk olahan keripik daun tin. Pelaksanaan kegiatan ini akan dilakukan dengan melibatkan mitra yaitu Jember Tin Garden. Mitra tersebut berlokasi di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Secara konkret, solusi ini dilakukan dalam bentuk perancangan brand dan business plan keripik daun tin dan analisis strategi pemasaran keripik daun tin. Dengan demikian pengolahan daun tin tersebut dapat meningkatkan nilai ekonomis tanaman tin.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 R Alamsyah Sutantio, Lintang Anis Bena Kinanti, Dinu Saadillah, Fitriya Andriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

