Pemanfaatan Tepung Kentang Modifikasi Dengan Metode HMT Dan Digital Marketing Untuk Produk Roti Manis Di SMKN 1 Tlogosari

Application Of Modified Potato Flour With HMT Methods and Digital maketing For Sweet Bread On Smkn 1 Tlogosari

Authors

  • Muhammad Ardiansyah Suryanegara Politeknik Negeri Jember
  • A. Sirojul Anam Izza Rosyadi Politeknik Negeri Jember
  • Ade Galuh Rakhmadevi Politeknik Negeri Jember
  • Anang Supriadi Saleh Politeknik Negeri Jember
  • Agus Hariyanto Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Heat Moisture Temperature, Roti Manis, Tepung Kentang

Abstract

SMKN 1 Tlogosari merupakan mitra kegiatan pengabdian masyarakat yang mampu memproduksi roti manis sebanyak 80 kemasan dalam satu kali produksi. Tujuan pemanfaatan tepung kentang modifikasi dengan metode HMT dan digital marketing untuk produk roti manis adalah untuk meningkatkan mutu atau kualitas roti manis, dan mempermudah layanan pemasaran. Karateristik mutu hedonik produk roti manis dengan substitusi tepung kentang modifikasi 5% adalah mutu hedonik Warna kuning (4.04), Aroma agak beroma kentang (3,16), Rasa agak manis (3,24), Tekstur lembut (3,84), Aftertaste tidak pahit (4,04). Hasil hedonik Warna suka (4,0), Aroma suka (3,8), Rasa suka (3,96), Tekstur suka (3,88), Aftertaste suka (3,64), volume spesifik roti manis dengan tepung kentang modifikasi yang dihasilkan adalah 11,7 +2,3 mL/gram. Sedangkan roti manis dengan tepung terigu (kontrol) mutu hedonik warna kuning (3,96), Aroma agak beroma kentang (3,04), rasa agak manis (3,0), tekstur agak lembut (3,4), Aftertaste tidak pahit (4,04).  Hasil hedonik Warna suka (3,68), Aroma suka (3,6), Rasa suka (3,76), Tekstur suka (3,88), Aftertaste suka (3,56), volume spesifik roti manis yang dihasilkan adalah 8,83+0,31 mL/gram.  Penggunaan E-comercee dapat mempermudah dalam kegiatan pemasaran produk roti manis dengan tepung kentang modifikasi.

Downloads

Published

2025-01-07

Conference Proceedings Volume

Section

Articles