Peningkatan Manajemen Promosi Lembaga PAUD Dinar Nasyiatul Aisyiyah Tanggul di Era Revolusi Industri 5.0
Improving the Promotional Management of Dinar Nasyiatul Aisyiyah Tanggul PAUD Institutions in the Era of Industrial Revolution 5.0
Keywords:
Manajemen Pemasaran, Pemasaran Digital, Revolusi Industri 5.0Abstract
Tuntutan revolusi industri 5.0 di bidang pendidikan adalah perlunya informasi rinci terkait layanan sekolah yang dapat diakses oleh orang tua dan calon peserta didik tidak terbatas tempat dan setiap saat selain promosi menggunakan flyer dan banner sebagaimana pemasaran tradisional. Sayangnya belum banyak Lembaga Pendidikan terutama Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang menggunakan pemasaran atau promosi secara digital yang maksimal sebab keterbatasan pengetahuan. PAUD DINAR Tanggul sebagai mitra termasuk sebagai salah satu Lembaga PAUD yang menggunakan pemasaran tradisional dan belum maksimal memanfaatkan teknologi dalam memberikan informasi mengenai PAUD. Hal tersebut bukan hanya karena kendala biaya namun juga kemampuan digital yang dimiliki oleh pengelola PAUD yang masih perlu belajar. Selain itu pengelola PAUD juga terkendala dengan minimnya kemampuan manajemen pemasaran. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra diantaranya tahap analisis kebutuhan, tahap persiapan kegiatan, assesment awal, pelatihan manajemen promosi, membuat media pemasaran/promosi baik digital dan non digital, mendaftarkan lokasi PAUD pada Google Map, optimalisasi sosial media PAUD, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini diharapkan pengetahuan manajemen pemasaran, serta kemampuan pemasaran digital mitra dapat bertambah. Selebihnya media promosi yang digunakan oleh mitra dapat lebih bervariatif baik tradisional maupun modern.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Afni Rachman; Peni Arianita Wardani, Muhamad Farhan, Muksin, Avelina Qanitah Salsabilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.