Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan E-Content Development Dan Strategic Marketing Communication Dalam Upaya Digitalisasi Ekonomi Bagi Umkm Batik Tamanan Kabupaten Bondowoso

UMKM Empowerment Through E-Content Development and Strategic Marketing Communication Training in Economic Digitalization Efforts for UMKM Batik Tamanan Bondowoso Regency

Authors

  • Nugroho Setyo Wibowo Politeknik Negeri Jember
  • Endro Sugiartono Politeknik Negeri Jember
  • Moh. Munih Dian Widianta Politeknik Negeri Jember
  • Ery Setiyawan Jullev Atmadji Politeknik Negeri Jember

Keywords:

digitalisasi, pengembangan konten elektronik, komunikasi pemasaran strategis,, sistem informasi geografis

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bondowoso memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan pengembangan usaha daerah. Untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas UMKM di Kabupaten Bondowoso, maka dilakukan program pemberdayaan UMKM melalui pelatihan keterampilan E-Content Development dan Strategic Marketing Communication yang dapat membantu UMKM Batik Ijen Tamanan di Kabupaten Bondowoso dalam mengatasi tantangan digitalisasi serta meningkatkan dan memperluas pemasaran. Digitalisasi ekonomi memegang peranan penting dalam mengakselerasi pertumbuhan UMKM Batik. Melalui penerapan teknologi digital, UMKM dapat meningkatkan visibilitas produk mereka secara online, menjangkau pasar yang lebih luas, dan memperkuat interaksi dengan pelanggan melalui platform digital dan media sosial. Digitalisasi juga membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen bisnis UMKM. UMKM juga dapat memahami bagaimana mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Downloads

Published

2025-01-10

Conference Proceedings Volume

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.