Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan E-Content Development Dan Strategic Marketing Communication Dalam Upaya Digitalisasi Ekonomi Bagi Umkm Batik Tamanan Kabupaten Bondowoso
UMKM Empowerment Through E-Content Development and Strategic Marketing Communication Training in Economic Digitalization Efforts for UMKM Batik Tamanan Bondowoso Regency
Keywords:
digitalisasi, pengembangan konten elektronik, komunikasi pemasaran strategis,, sistem informasi geografisAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bondowoso memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan pengembangan usaha daerah. Untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas UMKM di Kabupaten Bondowoso, maka dilakukan program pemberdayaan UMKM melalui pelatihan keterampilan E-Content Development dan Strategic Marketing Communication yang dapat membantu UMKM Batik Ijen Tamanan di Kabupaten Bondowoso dalam mengatasi tantangan digitalisasi serta meningkatkan dan memperluas pemasaran. Digitalisasi ekonomi memegang peranan penting dalam mengakselerasi pertumbuhan UMKM Batik. Melalui penerapan teknologi digital, UMKM dapat meningkatkan visibilitas produk mereka secara online, menjangkau pasar yang lebih luas, dan memperkuat interaksi dengan pelanggan melalui platform digital dan media sosial. Digitalisasi juga membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen bisnis UMKM. UMKM juga dapat memahami bagaimana mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Nugroho Setyo Wibowo, Endro Sugiartono, Moh. Munih Dian Widianta, Ery Setiyawan Jullev Atmadji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

